Selasa, 19 November 2013

Daging apa saja yang dapat di buat abon...? Bag 2


Abon adalah makanan olahan kering yang terbuat dari daging  yang telah disuir, ditumis dengan bumbu, dan kemudian digoreng. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitaman. Abon tampak seperti serat karena hasil suiran yang sempurna akan membuat tampak seperti suiran yang berserat.

Daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari Ayam,Sapi, bebek, entok,Kambing dan Ikan. Untuk dibeberapa daerah di indonesia  memiliki abon yang khas sesuai dengan komoditas daerah masing masing.
sebagai contoh disekitaran pulau jawa akan mudah kita jumpai abon daging sapi , ayam, ikan lele, ikan patin , ikan gabus , kluih , nangka muda ( Gori dalam bahasa jawa ) , jambu mede dll.
Berbeda dengan beberapa daerah pesisir atau penghasil ikan laut contohnya daerah indonesia timur, abon terbuat dari ikan laut seperti ikan marlin, ikan tuna, ikan tongkol dan masih banyak varian ikan laut yang dapat diolah menjadi abon.
Tetapi ada juga beberapa daerah kepulauan Riau dan beberapa kota di kalimantan yang sudah dapat mengembangkan varian abon dengan bahan kepiting , udang, cumi-cumi ( Sotong penyebutan didaerah Kepri ) tentunya dengan rasa yang khas untuk setian varian abon. 

Mengapa harus diolah menjadi abon...?
ciri khas dari olahan makan abon adalah Kering dan berserat, jika dalam pembuatan abon diolah dan dikemas dengan baik maka abon akan dapat bertahan lama atau tidak mudah cepat basi,  sehingga dapat kita simpan dalam jangka waktu yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar