Minggu, 23 Februari 2014

Membuat Abon Ikan Tuna


Ikan tuna dapat diaolah menjadi aneka olahan makanan, mulai dari bakso ikan, tahu ikan tuna, sosis ikan tuna, Abon Ikan Tuna dan masih banyak lagi.

Mohon maaf kali ini saya akan membahas ikan tuna sebagai olahan abon, karena saya sesuaikan dengan judul dan tema blog ini.

Di pesisir indonesia cukup banyak penghasil ikan tuna, mulai dari indonesia bagian timur, pesisir pulau jawa , kepulauan riau dan kalimantan pesisir.

Membuat Abon ikan tuna cukuplah mudah, apabila anda terbiasa membuat abon olahan daging akan ada  sedikit perbedaan dengan mengolah abon ikan. bagi anda yang belum pernah membuat abon, akan kita coba memberikan tips membuat abon ikan tuna, berikut resepnya.

1 .Bahan dan Bumbu
- daging ikan yang sudah disuwiri 500 gram
- garam 3% 15 gram
- gula merah 150 gram
- ketumbar 10 gram
- bawang merah 75 gram
- laos 5 gram
- jahe 10 gram
- sereh 3 tangkai
- bawang putih 10 gram

2. Cara Mengolah abon ikan Tuna
a. Ikan Dikukus
Ikan dikukus sampai matang untuk memudahkan pengambilan daging dan memisahkan dari tulang dan duri, kemudian ditumbuk / dimemarkan hingga menjadi suwiran-suwiran daging ikan.

c. Menumis
Bumbu-bumbu yang dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan daging yang telah disuwir-suwir hingga merata.
d . Penggorengan
Daging ikan yang telah dicampur dengan bumbu kemudian digoreng dengan minyak, bisa juga menggunakan santan kelapa yang kental. Aduk-aduk sampai kering (terasa ringan bila daging diaduk-aduk) dan berwarna kuning kecokelatan.


e. Meniriskan
Abon yang sudah matang ditiriskan sampai kering betul, karena ciri khas abon adalah makanan yang kering, meniriskan dapat dilakukan dengan mesin peniris minyak atau spiner.


Abon siap disajikan dan dapat ditambahan bawang goreng.



Artikel Terkait

http://mesinabon.blogspot.com/2014/02/mesin-pengolah-abon-ikan.html
 Mesin Pengolah Abon Ikan

Mesin Pembuat Abon

Cara Membuat Abon Renyah dan Tahan Lama

 

Mesin Abon Ikan












Tidak ada komentar:

Posting Komentar