Minggu, 23 Februari 2014

Abon Jamur Tiram

Jamur tiram dapat diolah menjadi berbagai makanan olahan, mulai dari berbagai  masakan sayur oseng, keripik jamur dan abon jamur tiram. kali ini kita akan membahas Jamur tiram yang diolah menjadi abon.

Serat yang tampak memang sangat memungkinkan jamur tiram untuk diolah menjadi abon, rasa asli jamur yang cenderung netral sehingga dapat kita sesuaikan dengan selera.

Proses mengolah jamur tiram menjadi abon tidaklah beda dengan membuat abon daging sapi atau ayam.
Pertama kita cuci terlebih dahulu kemudian kita kukus atau rebus sampai empuk ( jangan terlalu lama karena dapat menyebabkan jamur menjadi hancur). Kemudian angkat dan tiriskan lalu suir-suir kecil mengikuti serat, Setelah itu tumis dengan bumbu sampai meresap. tahap terakhir goreng  sampai warna agak kecoklatan angkat dan tiriskan.

Rasa dari abon jamur tiram dapat kita sesuaikan dengan selera, agak pedas, manis atau asin, sedangkan bentuk serat abon jamur tiram sebenarnya tidak jauh berbeda dengan abon sapi atau abon kluih, rahasianya adalah proses menyuir dan menggoreng harus kita perhatikan betul. jika suiran terlalu besar maka hasil abon akan terlihat seperti mie . dan apabila menggoreng terlalu besar apinya maka abon akan seperti gorengan kripik jamur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar